SILABI MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PPSB)
di Madrash
Kode Mata Kuliah :
SKS : ..... SKS, Teori ..... SKS dan
Praktek ..... SKS
Dosen : Muhamad
Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
Waktu Perkuliahan : Semester Genap
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji pengertian, tujuan, fungsi,
isi organisasi, jenis layanan, wadah sumber belajar, prinsip-prinsip
pengelolaan sumber belajar (fasilitas dan personalia), pola-pola organisasi
sumber belajar, melatih mengelola pengembangan pusat sumber belajar (PPSB),
mempraktekkan kegiatan yang dilakukan PPSB, mengkaji organisasi PPSB sebagai
lembaga sumber daya pembelajaran, menyempurnakan dan mengembangkan Pengelolaan
Sumber Belajar.
Uraian Pokok Bahasan Tiap
Pertemuan
Uraian Pokok Bahasan Tiap
Pertemuan
Pert.
|
Tujuan Perkuliahan
|
Pokok Bahasan/Sub Pokok
Bahasan
|
1
|
Kontrak belajar
|
Kesepakatan proses dan hasil
perkuliahaan
|
2
|
Memberikan pemahaman
mahasiswa pengertian sumber belajar, wadah sumber belajar, organisasi sumber
belajar, dan pusat sumber belajar
Memberikan pemahaman
sejarah pertumbuhan pusat sumber belajar
Memberikan pemahaman
tujuan dari didirikannya PPSB
Tugas observasi
|
Ragam sumber belajar
Ragam wadah sumber
belajar
Organisasi sumber
belajar
Wadah organisasi sumber
belajar
Pusat sumber belajar
Pertumbuhan gradual dan
perkembangannya saat ini
|
3
|
Pemahaman fungsi dari organisasi sumber belajar /PPSB
dan perkembangan fungsi-fungsi
Mahasiswa
mengidentifikasi beragam perkembangan aktifitas PPSB modern dan mengelompokkan berdasarkan fungsinya
(tugas).
Tugas observasi
|
Fungsi organisasi sumber
belajar
Pelayanan media
Pengembangan sistem
instruksional
Produksi
Pengembangan bahan
|
4
|
Kajian analisis beragam
pola/bentuk organisasi wadah sumber belajar/PPSB dan perkembangannya
Pengaruh IT terhadap
perkembangan OSB
Tugas observasi dan
jelajah internet
|
Pola organisasi
terpusat, pola organisasi terpisah, pola organisasi hybrid serta kelebihan
dan kekurangan masing-masing
|
5
|
Kajian analisis isi
organisasi sumber belajar dan perkembangannya
Pengaruh IT terhadap
pengelolaan dan format isi organisasi sumber belajar
Tugas observasi dan
jelajah internet
|
Macam-macam isi
organisasi sumber belajar ideal dan perkembangannya
Format isi organisasi
sumber belajar fisik maupun non fisik sesuai perkembangannya.
|
6
|
Kajian berbagai jenis
layanan pusat sumber belajar
|
Jenis layanan
Trend kecenderungan cara
pelayanan
Prediksi jensi layanan
yang akan ditimbulkan
|
7
|
Kajia dan analisis
program-program layanan khusus
organisasi pengemabangan pusat sumber belajar /PPSB dan identifikasi
kemungkinan perkembangan program layanan khusus baru
Tugas observasi dan
jelajah internet
|
Jenis layanan khusus
organisasi pengembangan pusat sumber belajar/ PPSB
|
8
|
Mengidentifikasi dan
merancang kebutuhan fasilitas fisik dan personalia bagi suatu organisasi
sumber belajar
Tugas observasi dan
jelajah internet
|
Kebutuhan fisik,
personalia, dan sistem suatu organisasi sumber belajar sesuai fungsi dan
tujuan
Integrasi IT pada
organisasi sumber belajar
|
8-15
|
Praktek mengelola pada
organisasi sumber belajar dan atau pusat sumber belajar
|
Mahasiswa mengadakan
penelitian dan mempraktekkan hasil belajar di tempat praktek
|
16
|
UAS
|
|
Evaluasi Hasil Belajar
:
No
|
Komponen evaluasi
|
Bobot (%)
|
1
|
Penyelesaian tugas dan
makalah
|
25 %
|
2
|
Diskusi/Seminar kecil
|
15%
|
3
|
Ujian Mid Semester
|
20%
|
4
|
Ujian Akhir semester
|
25%
|
5
|
Sikap,Perilaku,Kehadiran
|
15%
|
Jumlah
|
|
sumatif
Referensi:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
- Bennie. Frances. (1977). Learning Centers Development and
Operation. New
Jersey. Educational technology Publications Englewood Cliffs
Departemen Pendidikan Nasional. (2003) - Pedoman Merancang Sumber Belajar. Pendukung Pelaksanaan Kurikulum 2004 SMP. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
- Kanwil Depag (2007) Pengelolaan Perpustakaan MI dan MTS. Propinsi Jawa Timur.
- NS. Sutarno. (2005). Tanggungjawab Perpustakaan dalam
Mengembangkan
Masyarakat Umum. Jakarta: Panta Rei. - Seels. Barbara B, Richey Rita C. (1994) Teknologi Pembelajaran Definisi
dan Kawasannya. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12. AECT
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
2.
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
4. berisi tentang contoh sebuah profile media center untuk
anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi
di:
082330201228
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
Pertemuan ke :
1 (kontrak belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Silabus,
kesepakatan, kesepahaman, tugas, sistem evaluasi, motivasi, arah belajar,
kemandirian dan tujuan pembelajaran .
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; dosen
memberikan silabus dan pengantar tentang kedudukan mata kuliah dan sistem
perkuliahaan
|
Ceramah
Curah pendapat
|
Internet
|
15 “
|
Penyajian
|
Tanya jawab mengenai dan
curah pendapat mengenai sistem perkuliahaan
Diskusi topik dan
pencermatan silabus adaptif sesuai kebutuhan
|
Ceramah, tanya jawab,
curah pendapat, dan diskusi
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis
Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
·
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
·
berisi tentang
contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines
dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi
di:
08179410536
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
2 (konsep dasar sumber
belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Sumber belajar adalah segala sumber yang bisa
dimanfaatkan untuk kepentingan daya pembelajaran. Sumber beljar lebih luas dari
media dan alat peraga meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan
lingkungan. Sumber belajar bisa didesain dan bisa dimanfaatkan. Sumber belajar
dalam konteks teknologi pendidikan memiliki kedudukan strategis dari fungsi
pengelolaan.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi review materi,
arti penting topik, konsep dasar sumber belajar dalam hubungannya dengan
kawasan TP
|
Ceramah
Curah pendapat
|
Internet
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa mengikuti
penjelasan dosen
Mahasiswa dan dosen
melakukan identifikasi contoh-contoh pemanfaatan sumber belajar dan ragam
sumber belajar
Mendiskusikan isu
berkaitan dengan sumber belajar pada praktek pendidikan di sekolah
|
Ceramah, tanya jawab,
curah pendapat, dan diskusi
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan konsep dasar e-earling, online learning dan distance learning
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis
Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
·
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
·
berisi tentang
contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines
dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi
di:
08179410536
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
3 (Organisasi Sumber
Belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Sumber
belajar memiliki tujuan utama meningkatkan efektifitas dan efisiensi
pembelajaran dengan menjalankan 6 fungsi pengembangan sistem instruksional,
pelayanan media, evaluasi, administratif, produksi, dan informasi. Agar sumber
belajar bisa menjalankan fungsi dengan baik perlu dibentuk wadah sumber belajar
yang memililki tujuan sesuai organisasi pembentuknya.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; pemaparan
konsep dasar sistem intruksional, tujuan, efektifitas dan efisiensi
|
Ceramah
Curah pendapat
|
Internet
|
15 “
|
Penyajian
|
Diskusi mengenai fungsi
organisasi sumber belajar
Contoh organisasi sumber
belajar
Analisis fungsi
organisasi berdasarkan hasil observasi
|
Ceramah, tanya jawab,
curah pendapat, dan diskusi
Presentasi
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis
Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
·
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
·
berisi tentang
contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines
dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi
di:
08179410536
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
4 (Berbagai pola atau
bentuk organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Guna
menjamin keberlangsungan fungsi dan mencapai tujuannya sumber belajar perlu
dikelola oleh suatu organisasi. Dalam menjalankan organisasi dan memberikan
pelayanan efektif maka organisasi sumber belajar boleh memilih bentuk atau pola
pelayanan dengan kelebihan dan kekuranganberfokus kepada kemudahan pengguna.
Bentuk atau pola tersebut adalah hybrid, sentralisasi, dan terpisah.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; dosen
memberikan arti penting pengelolaan sumber belajar dan berimplikasi kepad
pilihan pola pengelolaan dengan orientasi utama kebermanfaatan kepada
pengguna
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa mendengarkan
penjelasan dosen mengenai 3 pola organisasi
Mahasiswa
mengidentifikasi contoh-contoh organisasi sumber belajar di Yogyakarta yang
menerapkan masing-masing pola
Mahasiswa mengevaluasi
pola OSB dan memberikan justufikasi pengembangan dalam konteks laboratotium
TP
|
Diskusi Presentasi
Tanyajawab
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis
Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
·
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
·
berisi tentang
contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines
dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi di:
08179410536
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
6 (Jenis Layanan PPSB)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
PPSB
dalam rangka mencapai tujuan menjalankan fungsi layanan yaitu layanan media,
produksi, adminisitratif, dan jenis layanan lainnya. Jenis layanan ini menjadi
standar bagi PPSB dan sedapat mungkin dikembangkan mengikkuti perkembangan
pengguna dan masyarakat
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; menyampaikan
arti penting materi
|
Penugasan
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa
mengidentifikasi berbagai jenis layanan yang ada di PPSB
Mengevaluasi kualitas
layanan
Memberikan rekomendasi
pengembangan layanan
|
Diskusi
Cooperatif
Penugasan
|
Internet
Powerpoint
Plano
Lembar kerja
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan menyimpulkan
melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
5 (Isi organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Isi
organisasi sumber belajar sangat ditentukan oleh tujuan dan misi yang
dijalankan. Isi sumber belajar secara khusus mengalami perubahan dan
perkembangan baik dari sisi ragam formatnya maupun dari sisi bentuknya karena
sifatnya yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; dosen
memberikan rasional isi organisasi sumber belajar terkait dengan tujuan dan
misi OSB serta pengaruh ICT terhadap format isi OSB
|
Penugasan
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa menjelajah
internet mengenai beragam OSB Mendiksuiskian untuk mengkaitkan antara isi,
tujuan dan misi
Mahasiswa menganalisis dan meprediksi perubahan isi karena pengaruh
ICT
|
Diskusi
Inkuiri
|
Internet
Powerpoint
Plano
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
6 (Layanan khusus
organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
PPSB
memberikan layanan dalam rangka mencapai tujuan utamanya pengembangan sistem
instruksional meliputi 6 jenis layanan. Dalam perkembangan tutnutan kebutuhan
pengguna dan masyarakat membawa konsekwensi adanya layanan khusus.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; menyajikan
model online learning dan emminta mahasiswa mengidentifikasi
komponen-komponennya
|
Penugasan
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa mendiskusikan komponen
dari online learning Mahasiswa mengevaluasi tahapan, kegiatan dan metode dari
online learning
|
Diskusi
cooperatif
|
Internet
Powerpoint
Plano
Lembar kerja
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi mahasiswa, hasil diskusi dan
pemahaman melalui kuis
Dafttar
Literatur/Referensi/Sumber Bahan:
Dabbagh, Nada, Brenda Bannan dan
Ritland (2005). Online Learning (concepts,
strategies, and application). New Jersey: Pearson Education
Literatur
tambahan:
Ally,
Mohamed (2004). Foundation Educational Theory for Online Learning. Canada:
Athabasca University.
Driscoll, Marcy P. (2005). Psychology of Learning
for Instruction. New York: Allyn & Bacon
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Pertemuan ke :
8 (personalia dan
fasilitas fisikpusat sumber belajar)
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan : Ben pinter
Materi Pokok:
Tujuan,
misi, fungsi dan layanan yang akan dijalankan membawa konsewensi adanya
personalia akan menjalankan perlu dipilih dengan kualifikasi dan standar kompetensi. Personalia dimaksud
seperti Direktur, ahli media, bagian produksi, staf administratif dan sebagainya. Efisiensi dan efektifitas personalia yang
bekerja tergantung pada manajemen personalia yang diterapkan oleh PPSB.
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; dosen
memberikan arti penting topik dan menyampaikan peran personalia dalam PPSB
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa mengidentifikasi
kompetensi personalis yang dibutuhkan oleh PPSB
Menganalisis kesejangan
kompetensi berdasarkan suatu kasus
Merekomendasikan
kompetensi dan jenis personalia yang efektif dan efisien
|
Diskusi PBL
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi mahasiswa, hasil diskusi dan
pemahaman melalui kuis
Dafttar
Literatur/Referensi/Sumber Bahan:
Ally,
Mohamed (2004). Foundation Educational Theory for Online Learning. Canada:
Athabasca University.
…………………………………………………..
…………………………………………….
Literatur tambahan:
………………………………………
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama Matakuliah :
Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah :
embuh
Jumlah SKS : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen :
Mohamad Abdul Manan,
M.Pd.I
Program Studi :
TP
Tujuan Perkuliahan :Menjamin konsep dan teori
yang sudah dipelaajri bisa diinduksikan dan menjadi pengalaman bermakna,
dipahami dan bisa dilakukan oleh mahasiswa
Materi Pokok:
Praktek
melaksanakan pelayanan di PPSB, mempersiapkan bahan-bahan digital, menjalankan
fungsi administratif, produksi, pelayanan media, sirkulasi, referensi, dan
berbagai kegiatan di PPSB
Kegiatan
Perkuliahan
Komponen Langkah
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Estimasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi; dosen
memberikan arti penting kompetensi riil dalam melaksanakan pengelolaan PPSB
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Power point
|
15 “
|
Penyajian
|
Mahasiswa melaksanakan
praktek di Pusat Sumber Belajar dan mengamati PPSB dalam bentuk lain
Membuat justifikasi
pengembangan
|
Diskusi Penugasan Praktek
|
Internet
Powerpoint
|
120”
|
Penutup
|
Merangkum dan
menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
|
Curah pendapat
|
LCD dan laptop
|
15”
|
Penilaian
|
|
Penilaian/Evaluasi
hasil belajar:
Proses, partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis
Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
- Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
- Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
- Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
Literatur tambahan
- Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
- Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.
Sumber berupa internet
relevan (boleh mencari lainnya):
·
http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi
tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan
akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia,
organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka
anda akan excellent.
·
berisi tentang
contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines
dikoneksikan ke beberapa sumber
Dosen dapat dihubungi
di:
08179410536
Tidak ada komentar:
Posting Komentar