Minggu, 07 Februari 2016

SILABUS MATA KULIAH PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PPSB)




SILABI MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah            : Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PPSB) di Madrash
Kode Mata Kuliah                        :
SKS                                   : ..... SKS, Teori ..... SKS dan Praktek ..... SKS
Dosen                                : Muhamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                   : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Waktu Perkuliahan            : Semester Genap
Deskripsi Mata Kuliah      :
Mata kuliah ini mengkaji pengertian, tujuan, fungsi, isi organisasi, jenis layanan, wadah sumber belajar, prinsip-prinsip pengelolaan sumber belajar (fasilitas dan personalia), pola-pola organisasi sumber belajar, melatih mengelola pengembangan pusat sumber belajar (PPSB), mempraktekkan kegiatan yang dilakukan PPSB, mengkaji organisasi PPSB sebagai lembaga sumber daya pembelajaran, menyempurnakan dan mengembangkan Pengelolaan Sumber Belajar. 

Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan
Pert.
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
1
Kontrak belajar
Kesepakatan proses dan hasil perkuliahaan
2
Memberikan pemahaman mahasiswa pengertian sumber belajar, wadah sumber belajar, organisasi sumber belajar, dan pusat sumber belajar
Memberikan pemahaman sejarah pertumbuhan pusat sumber belajar
Memberikan pemahaman tujuan dari didirikannya PPSB
Tugas observasi
Ragam sumber belajar
Ragam wadah sumber belajar
Organisasi sumber belajar
Wadah organisasi sumber belajar
Pusat sumber belajar
Pertumbuhan gradual dan perkembangannya saat ini
3
Pemahaman fungsi dari organisasi sumber belajar /PPSB dan perkembangan fungsi-fungsi
Mahasiswa mengidentifikasi beragam perkembangan aktifitas PPSB modern  dan mengelompokkan berdasarkan fungsinya (tugas).
Tugas observasi
Fungsi organisasi sumber belajar
Pelayanan media
Pengembangan sistem instruksional
Produksi
Pengembangan bahan
4
Kajian analisis beragam pola/bentuk organisasi wadah sumber belajar/PPSB dan perkembangannya
Pengaruh IT terhadap perkembangan OSB
Tugas observasi dan jelajah internet
Pola organisasi terpusat, pola organisasi terpisah, pola organisasi hybrid serta kelebihan dan kekurangan masing-masing
5
Kajian analisis isi organisasi sumber belajar dan perkembangannya
Pengaruh IT terhadap pengelolaan dan format isi organisasi sumber belajar
Tugas observasi dan jelajah internet
Macam-macam isi organisasi sumber belajar ideal dan perkembangannya
Format isi organisasi sumber belajar fisik maupun non fisik sesuai perkembangannya.
6
Kajian berbagai jenis layanan pusat sumber belajar
Jenis layanan
Trend kecenderungan cara pelayanan
Prediksi jensi layanan yang akan ditimbulkan
7
Kajia dan analisis program-program  layanan khusus organisasi pengemabangan pusat sumber belajar /PPSB dan identifikasi kemungkinan perkembangan program layanan khusus baru
Tugas observasi dan jelajah internet
Jenis layanan khusus organisasi pengembangan pusat sumber belajar/ PPSB

8
Mengidentifikasi dan merancang kebutuhan fasilitas fisik dan personalia bagi suatu organisasi sumber belajar
Tugas observasi dan jelajah internet
Kebutuhan fisik, personalia, dan sistem suatu organisasi sumber belajar sesuai fungsi dan tujuan
Integrasi IT pada organisasi sumber belajar
8-15
Praktek mengelola pada organisasi sumber belajar dan atau pusat sumber belajar
Mahasiswa mengadakan penelitian dan mempraktekkan hasil belajar di tempat praktek
16
UAS



Evaluasi Hasil Belajar   :
No
Komponen evaluasi
Bobot (%)
1
Penyelesaian tugas dan makalah
25 %
2
Diskusi/Seminar kecil
15%
3
Ujian Mid Semester
20%
4
Ujian Akhir semester
25%
5
Sikap,Perilaku,Kehadiran
15%
Jumlah

sumatif
Referensi:
  1. Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  2. Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya
  3. Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya
  4. Bennie. Frances. (1977). Learning Centers Development and Operation. New
    Jersey. Educational technology Publications Englewood Cliffs
    Departemen Pendidikan Nasional. (2003)
  5. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Pendukung Pelaksanaan Kurikulum 2004 SMP. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
  6. Kanwil Depag  (2007) Pengelolaan Perpustakaan MI dan MTS. Propinsi Jawa Timur.
  7. NS. Sutarno. (2005). Tanggungjawab Perpustakaan dalam Mengembangkan
    Masyarakat Umum. Jakarta: Panta Rei.
  8. Seels. Barbara B, Richey Rita C.  (1994) Teknologi Pembelajaran Definisi
    dan Kawasannya. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12. AECT
Literatur tambahan
  1. Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  2. Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
1.       http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
2.       http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
4.       berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
5.       http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
6.       http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
8.       http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
082330201228





SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     :
Pertemuan ke                           : 1 (kontrak belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter

Materi Pokok:
Silabus, kesepakatan, kesepahaman, tugas, sistem evaluasi, motivasi, arah belajar, kemandirian dan tujuan pembelajaran .

Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; dosen memberikan silabus dan pengantar tentang kedudukan mata kuliah dan sistem perkuliahaan

Ceramah
Curah pendapat
Internet
15 “
Penyajian
Tanya jawab mengenai dan curah pendapat mengenai sistem perkuliahaan
Diskusi topik dan pencermatan silabus adaptif sesuai kebutuhan
Ceramah, tanya jawab, curah pendapat, dan diskusi
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian


Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis

Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
  • Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  • Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
  • Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya 
Literatur tambahan
  • Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  • Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
·         http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
·         http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
·         berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
·         http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
·         http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
·         http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
08179410536

SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 2 (konsep dasar sumber belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter

Materi Pokok:

Sumber belajar adalah segala sumber yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan daya pembelajaran. Sumber beljar lebih luas dari media dan alat peraga meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan. Sumber belajar bisa didesain dan bisa dimanfaatkan. Sumber belajar dalam konteks teknologi pendidikan memiliki kedudukan strategis dari fungsi pengelolaan.

Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi review materi, arti penting topik, konsep dasar sumber belajar dalam hubungannya dengan kawasan TP
Ceramah
Curah pendapat
Internet
15 “
Penyajian
Mahasiswa mengikuti penjelasan dosen
Mahasiswa dan dosen melakukan identifikasi contoh-contoh pemanfaatan sumber belajar dan ragam sumber belajar
Mendiskusikan isu berkaitan dengan sumber belajar pada praktek pendidikan di sekolah
Ceramah, tanya jawab, curah pendapat, dan diskusi
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan konsep dasar e-earling, online learning dan distance learning
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian


Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis

Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
  • Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  • Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
  • Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya 
Literatur tambahan
  • Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  • Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
·         http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
·         http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
·         berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
·         http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
·         http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
·         http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
08179410536


SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 3 (Organisasi Sumber Belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter


Materi Pokok:
Sumber belajar memiliki tujuan utama meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dengan menjalankan 6 fungsi pengembangan sistem instruksional, pelayanan media, evaluasi, administratif, produksi, dan informasi. Agar sumber belajar bisa menjalankan fungsi dengan baik perlu dibentuk wadah sumber belajar yang memililki tujuan sesuai organisasi pembentuknya.

Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; pemaparan konsep dasar sistem intruksional, tujuan, efektifitas dan efisiensi

Ceramah
Curah pendapat
Internet
15 “
Penyajian
Diskusi mengenai fungsi organisasi sumber belajar
Contoh organisasi sumber belajar
Analisis fungsi organisasi berdasarkan hasil observasi
Ceramah, tanya jawab, curah pendapat, dan diskusi
Presentasi
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian


Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis

Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
  • Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  • Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
  • Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya 
Literatur tambahan
  • Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  • Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
·         http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
·         http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
·         berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
·         http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
·         http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
·         http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
08179410536


SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 4 (Berbagai pola atau bentuk organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter


Materi Pokok:
Guna menjamin keberlangsungan fungsi dan mencapai tujuannya sumber belajar perlu dikelola oleh suatu organisasi. Dalam menjalankan organisasi dan memberikan pelayanan efektif maka organisasi sumber belajar boleh memilih bentuk atau pola pelayanan dengan kelebihan dan kekuranganberfokus kepada kemudahan pengguna. Bentuk atau pola tersebut adalah hybrid, sentralisasi, dan terpisah.
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; dosen memberikan arti penting pengelolaan sumber belajar dan berimplikasi kepad pilihan pola pengelolaan dengan orientasi utama kebermanfaatan kepada pengguna
Ceramah
Tanya jawab
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen mengenai 3 pola organisasi
Mahasiswa mengidentifikasi contoh-contoh organisasi sumber belajar di Yogyakarta yang menerapkan masing-masing pola
Mahasiswa mengevaluasi pola OSB dan memberikan justufikasi pengembangan dalam konteks laboratotium TP
Diskusi Presentasi
Tanyajawab
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian



Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis

Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
  • Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  • Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
  • Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya 
Literatur tambahan
  • Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  • Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
·         http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
·         http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
·         berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
·         http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
·         http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
·         http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
08179410536

SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 6 (Jenis Layanan PPSB)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter
Materi Pokok:
PPSB dalam rangka mencapai tujuan menjalankan fungsi layanan yaitu layanan media, produksi, adminisitratif, dan jenis layanan lainnya. Jenis layanan ini menjadi standar bagi PPSB dan sedapat mungkin dikembangkan mengikkuti perkembangan pengguna dan masyarakat
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; menyampaikan arti penting materi
Penugasan
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa mengidentifikasi berbagai jenis layanan yang ada di PPSB
Mengevaluasi kualitas layanan
Memberikan rekomendasi pengembangan layanan

Diskusi
Cooperatif
Penugasan
Internet
Powerpoint
Plano
Lembar kerja
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian








SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 5 (Isi organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter

Materi Pokok:
Isi organisasi sumber belajar sangat ditentukan oleh tujuan dan misi yang dijalankan. Isi sumber belajar secara khusus mengalami perubahan dan perkembangan baik dari sisi ragam formatnya maupun dari sisi bentuknya karena sifatnya yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; dosen memberikan rasional isi organisasi sumber belajar terkait dengan tujuan dan misi OSB serta pengaruh ICT terhadap format isi OSB
Penugasan
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa menjelajah internet mengenai beragam OSB Mendiksuiskian untuk mengkaitkan antara isi, tujuan dan misi
Mahasiswa menganalisis  dan meprediksi perubahan isi karena pengaruh ICT

Diskusi
Inkuiri
Internet
Powerpoint
Plano
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian




SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 6 (Layanan khusus organisasi sumber belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter
Materi Pokok:
PPSB memberikan layanan dalam rangka mencapai tujuan utamanya pengembangan sistem instruksional meliputi 6 jenis layanan. Dalam perkembangan tutnutan kebutuhan pengguna dan masyarakat membawa konsekwensi adanya layanan khusus. 
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; menyajikan model online learning dan emminta mahasiswa mengidentifikasi komponen-komponennya
Penugasan
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa mendiskusikan komponen dari online learning Mahasiswa mengevaluasi tahapan, kegiatan dan metode dari online learning

Diskusi
cooperatif
Internet
Powerpoint
Plano
Lembar kerja
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian


Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi mahasiswa, hasil diskusi dan pemahaman melalui kuis

Dafttar Literatur/Referensi/Sumber Bahan:

Dabbagh, Nada, Brenda Bannan dan Ritland (2005). Online Learning (concepts, strategies, and application). New Jersey: Pearson Education

Literatur tambahan:


Ally, Mohamed (2004). Foundation Educational Theory for Online Learning. Canada: Athabasca University.


Driscoll, Marcy P. (2005). Psychology of Learning for Instruction. New York: Allyn & Bacon


SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 8 (personalia dan fasilitas fisikpusat sumber belajar)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  : Ben pinter

Materi Pokok:
Tujuan, misi, fungsi dan layanan yang akan dijalankan membawa konsewensi adanya personalia akan menjalankan perlu dipilih dengan kualifikasi  dan standar kompetensi. Personalia dimaksud seperti Direktur, ahli media, bagian produksi, staf administratif dan sebagainya.  Efisiensi dan efektifitas personalia yang bekerja tergantung pada manajemen personalia yang diterapkan oleh PPSB.

Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; dosen memberikan arti penting topik dan menyampaikan peran personalia dalam PPSB
Ceramah
Tanya jawab
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa mengidentifikasi kompetensi personalis yang dibutuhkan oleh PPSB
Menganalisis kesejangan kompetensi berdasarkan suatu kasus
Merekomendasikan kompetensi dan jenis personalia yang efektif dan efisien
Diskusi PBL
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian


Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi mahasiswa, hasil diskusi dan pemahaman melalui kuis

Dafttar Literatur/Referensi/Sumber Bahan:
Ally, Mohamed (2004). Foundation Educational Theory for Online Learning. Canada: Athabasca University.
…………………………………………………..
…………………………………………….
Literatur tambahan:
………………………………………


SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN (SAP)

Nama Matakuliah                    : Manajemen Sumber Belajar
Kode Matakuliah                     : embuh
Pertemuan ke                           : 8-14 (Praktek pengelolaan)
Jumlah SKS                            : 3 SKS, Teori 1,5 SKS praktek 1,5 SKS
Dosen                                      : Mohamad Abdul Manan, M.Pd.I
Program Studi                          : TP
Tujuan Perkuliahan                  :Menjamin konsep dan teori yang sudah dipelaajri bisa diinduksikan dan menjadi pengalaman bermakna, dipahami dan bisa dilakukan oleh mahasiswa


Materi Pokok:
Praktek melaksanakan pelayanan di PPSB, mempersiapkan bahan-bahan digital, menjalankan fungsi administratif, produksi, pelayanan media, sirkulasi, referensi, dan berbagai kegiatan di PPSB
Kegiatan Perkuliahan
Komponen Langkah
Uraian Kegiatan
Metode
Media
Estimasi Waktu
Pendahuluan
Apersepsi; dosen memberikan arti penting kompetensi riil dalam melaksanakan pengelolaan PPSB
Ceramah
Tanya jawab
Power point
15 “
Penyajian
Mahasiswa melaksanakan praktek di Pusat Sumber Belajar dan mengamati PPSB dalam bentuk lain
Membuat justifikasi pengembangan
Diskusi Penugasan  Praktek
Internet
Powerpoint
120”
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan melibatkan mahasiswa
Tindaklanjut rangkuman
Curah pendapat
LCD dan laptop
15”
Penilaian



Penilaian/Evaluasi hasil  belajar:
Proses,  partisipasi siswa dan pemahaman melalui kuis

Daftar Literatur/ Referensi/sumber bahan:
  • Iskandar Wiryokusumo (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. University Press IKIP Surabaya
  • Mudhoffir (1986). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.  Bandung: Remadja Rosdakarya (wajib)
  • Mustaji (1994). Pengembangan Lembaga Sumber Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya 
Literatur tambahan
  • Merril, R. (1977) Criteria for Planning the Collge and University LRC. AECT: 1977
  • Allen W. Kennet, Loren Allen (1973). Organization and admnistration of  the LRC in the community college. Linnet book: Connecticut.

Sumber berupa internet relevan (boleh mencari lainnya):
·         http://www.knightnewmediacenter.org/ Multimedia training untuk journalis
·         http://www.infosys.com/industries/media-entertainment/studios-network/white-papers/digital-asset-management-PoV.pdf berisi tentang strategi pengelolaan aset-aset digital (DAM)---sumber belajar ke depan akan banyak berformat digital perlu anda tahu, maka fasilitas fisik, personaia, organisasinya juga akan berubah. Cari terus situs relevan sajikan dalam makalah anda maka anda akan excellent.
·         berisi tentang  contoh sebuah profile media center untuk anak2 by Sallie Raines dikoneksikan ke beberapa sumber
·         http://digitalmedia.oreilly.com/learningcenter/ sumber belaar untuk fotografi
·         http://www.bc.edu/libraries/centers/media/ perpustakaan boston college
·         http://www.fresnocitycollege.edu/lrc/  pusat sumber belajar lengkap

Dosen dapat dihubungi di:
08179410536


Tidak ada komentar:

Posting Komentar