|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta menghayati
secara medalam tentang ajaran Pancasila dan Undang Undang Dasar
1945 serta dapat mengamalkan ajaran tersebut .dalam kehidupan
sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan juga para penyelenggara Negara
dalam menjalankan pemerintahan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami materi kuliah
Pancasila yang dapat menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat dan bernegara
menuju masyarakat adil dan makmur
|
Indikator
|
:
|
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa
memiliki kemampuan :
1. Mengetahui tentang fungsi dan peranan pancasila yang sangat bermanfaat bagi
bangsa Indonesia, karenanya diharapkan dapat diterapkan dijadikan
pedoman hidup sehari-hari dan pedoman bagi penyelenggaraan negara ;
2. Dapat menerangkan
kepada orang lain manfaat materi Pendidikan Pancasila
|
Deskripsi Mata
Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tujuan, fungsi,
peranan, pancasila dalam pembukaan UUD 1945, pengamalan dan pengaman
pancasila, hak asasi manusia sampai dengan pancasila dalam pembangunan
nasional
|
Materi Pokok
Perkuliahan
|
:
|
1. Pengertian, Fungsi dan Peranan Pancasila ;
2. Sejarah Perumusan pancasila dalam hubungannya dengan sejarah perjuangan
bangsa;
3. Analisis dan kesimpulan tongggak-tonggak sejarah perjuangan bangsa
Indonesia;
4. Hakekat Pengertian Pancasila ;
5. Nilai-nilai yang terkandung dari masing-masing sila ;
6. Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa
Indonesia
7. Pancasila sebagai Ideologi Nasional;
8. Pancasila ditinjau dari sudut Hukum Tata Negara;
9. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
10. Demokrasi Pancasila;
11. Paham Integralistik/ Kekeluargaan dalam Pancasila;
12. Undang Undang Dasar 1945 dan Amandemen UUD 1945;
13. Hak-Hak Asasi Manusia dalam Pancasila;
14. Pancasila dalam Pembangunan Nasional;
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, diskusi/
Tanya jawab, penugasan makalah kelompok/ individu .
Media pembelajaran
pakai; laptop, LCD,
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Formatif terdiri dari absensi, etika, makalah
kelompok/ mandiri dan
diskusi ......................................................................................... : 30 %
2. UTS .................................................................................................................................... : 30 %
3. UAS .................................................................................................................................... : 40 %
Jumlah ..................................................................
............................................................: 100 %
|
Buku Sumber
|
:
|
1. H. Subandi Al
Marsudi, S.H. MH - Pancasila dan UUD 1945 dalam Paradigma Reformasi :
Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta cetakan pertama Th. 2001 ;
2. UU No. 39 Th. 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Penerbit Citra Umbara,
Bandung Th. 2001;
3. Putusan Sidang Istimewa MPR RI Tahun 2001,
Penerbit CV Mini Jaya Abadi, Jakarta, Cetakan Pertama 2001;
4. UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses
Amandemen UUD 1945, Penerbit Sinar Grafika, cetakan pertama Th. 2002 ;
5. UU No. 17 th. 2007 tentang Rencana
Pembangunan Nasional Jangka Panjang dan UU No. 25 th. 2004 tentang Sistem
Perencaaan Pembangunan Nasional , penerbit Sinar Grafika cetakan pertama
Th. 2007 ;
6. Dr. H. Kabul Budiyono, M.Si., Pendidikan
Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit Alfabeta, Bandung, Cetakan Kedua
2010;
7. Prof. Mr. Soediman Kartohadiprodjo,
Pancasila Sebagai Pendangan Hidup Bangsa Indonesia, Editor Achmad Suhardi
Kartohadiprodjo, dkk., Penerbit Gatra Pustaka, Cetakan Pertama 2010;
8. Media cetak/elektronik/situs-situs
internet.
|
|
|
|
Situbondo, 01 September
2015
Mata Kuliah : Pancasila
Kode
:
Bobot
SKS : 2 sks
Jurusan
: Tarbiyah
Program
Studi
: PBA & PGRA
Semester
: I (Satu)
Mata Kuliah Prasyarat : Pendidikan
Kewarganegaraan
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat
mengetahui dan memahami serta menghayati secara medalam tentang
ajaran Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 serta dapat
mengamalkan ajaran
tersebut .dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan
juga para
penyelenggara Negara dalam menjalankan pemerintahan
Deskripsi Mata
Kuliah : Mata kuliah ini membahas dan menganalisis
tujuan, fungsi, peranan, pancasila dalam
pembukaan UUD 1945, pengamalan dan pengaman pancasila, hak
asasi manusia sampai
dengan pancasila dalam pembangunan nasional.
Perte-muan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Buku/
Sumber
|
I
20-09-2015
|
Mahasiswa
memahami tujuan mempelajari Pan-casila,
pengertian, fung-si dan peranan Panca-sila
|
Tujuan mempelajari Panca sila,
Pengertian, Fungsi dan Peranan Pancasila
|
a.Tujuan mempelajari Panca-sila ;
b.Pengertian Pancasila
c.Asal mula dikenal Istilah
Pancasila ;
d.Fungsi dan Peran Pancasila
|
Mahasiswa dapat menjelaskan
tujuan mempelajari pancasila, pengertian pancasila, asal mula dikenal
istilah pancasila , serta fungsi dan peranan pancasila
|
|
II
27-09-2015
|
Mahasiswa memahami sejarah
perumusan Pan-casila dlm hubungan-nya dg perjuangan bangsa
Indonesia
|
Sejarah perumusan
pancasila dalam hubu-ngannya dg sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
1.Sejarah perjuangan bangsa
2. Perumusan Silasila Pancasila
3. Piagam Jakarta
4. Proklamasi
4.Pengesahan Pancasila dan UUD 1945
|
Mahasiswa dapat menjelaskan
sejarah perjuangan bangsa, perumusan pancasila, piagam Jakarta, Proklamasi
Kemer-dekaan RI dan pengesahan Pancasila dan UUD 1945
|
|
III
04-10-2015
|
Mahasiswa memahami analisis dan
kesimpulan tonggak perjuangan bangsa Indonesia
|
Analisis
dan kesimpulan tonggak2 sejarah
perju-angan bangsa Indonesia
|
a.Analisis tonggak-tonggak se-jarah
perjuangan
b. Kesimpulan tonggak sejarah
perjuangan bangsa Indo-nesia
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan analisis tonggak-tonggak sejarah dan kesimpulan
tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
|
IV
11-10-2015
|
Mahasiswa memahami hakekat
pengertian Pancasila
|
Hakekat
Pengertian Pancasila
|
a. Hakekat
pengertian Pancasila ;
b.Penghayatan Pancasila ;
|
Mahasiswa
dapat menje- laskanhakekat pengertian dan
penghayatan Pancasila
|
|
V
18-10-2015
|
Mahasiswa
memahaminilai-nilai yang
terkan-dung dalam Pancasila
|
Nilai-nilai
yang terkan- dung dalam Pancasila
|
a.Nilai-nilai yang terkandung dlm sila-sila dari Pancasila ;
b.Hubungan nilai, norma dansanksi
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan hubungan
antara nilai, norma dan sanksi
|
|
VI
25-10-2015
|
Mahassiswa memahami Pancasila
sbg falsafah hidup bangsa Indonesia
|
Pancasila sbg falsafah
hidup Bangsa Indonesia
|
a. Pengertian Filsafat ;
b.Obyek
Filsafat ;
c.Tujuan Filsafat ;
d.Kegunaan Filsafat
e.Falsafah
hidup Bangsa
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian filsafat, obyek filsafat, kegunaan
filsafat dan falsafah hidup bangsa Indonesia
|
|
VII
01-11-2015
|
Mahasiswa memahami Pancasila sbg
ideologi Nasional
|
Pancasila
sbg ideologinasional
|
a.Pengertian dan beberapa;pendapat mengenai Ideologi
b.Ideologi dalam arti praktis;
c.Penerapan dan kekuatan Ideologi;
d.Pancasila sebagai ideologiterbuka
e.Mekanisme Pengembanganideologi
Pancasila
|
Mahasiswa
dapat menje- laskan pengertian ideologi dan beberapa pendapat mengenai
Ideologi ideologi dalam arti praktis, penerapan ideologi,
kekuatan ideologi, Pancasila sebagai ideologi terbuka dan
mekanisme pengembanganideologi Pancasila
|
|
VIII
08-11-2015
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
|
IX
15-11-2015
|
Mahasiswa memahami Pancasila ditinjau dari
sudut hukum tatanegara.
|
Pancasila
ditijau dari sudut hukum tatanegara.
|
a.Pengertian negara dan dasar-dasar negara ;
b.Negara dengan warganegara
c.Pancasila sebagai dasar negara RI.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian dan syarat-syarat
terjadinya negara, negara dgwarganegara, dan
Pancasila sebagai dasar negara.
|
|
X
22-11-2015
|
Mahasiswa memahami pengamalan
dan penga-manan Pancasila
|
Pengamalan
pancasila (termasuk menurut ajaran Islam) dan Penga-manan Pancasila
|
a. Pengamalan Pancasila sbgpandangan hidup bangsa;
b.Pengamalan Pancasila sbgdasar Negara;
c.Pengamalan Pancasila me-nurut Islam;
d.Pengamanan Pancasila se-cara prefentif dan
represif
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengamalan Pancasila
(terma-suk menurut ajaran Islam) dan
pengamanan pancasila
|
|
XI
29-11-2015
|
Mahasiswa memahami tentang
demokrasi pancasila
|
Demokrasi Pancasila
|
a. Pengertian Demokrasi ;
b. Perkembangan di Indonesia
c. Unsur-unsur Demokrasi Pancasila;
d. Tata urutan Per-UU-an;
e. Mekanisme demokrasi Pancasila
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian demokrasi, per-kembangannya di Indonesia,
unsur-unsur demokrasi Pancasila
|
|
XII
06-12-2015
|
Mahasiwa memahami hubungan
antarta Prok-lamasi 17 Agustus 1945 dengan Pembukaan danbatang tubuh
UUD 1945
|
Hubungan antara Proklamasi 17
Agustus 1945 dg Pembukaan danbatang tubuh UUD 1945
|
a. Hubungan
antara Pembu-kaan dan Proklamasi 17 Agustus
1945;
b. Hubungan
antara Pembu-kaan dan batang tubuh UUD
1945
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan hubungan antara pembukaan dengan proklamasi 17 agustus
1945 dan hubungan antara pembukaan dan batang tubuh UUD 1945
|
|
XIII
15-6-2012
|
Mahasiswa memahami UUD 1945
dan peru-bahannya
|
Undang
Undang Dasar 1945 dan perubahannya
|
a. Pengertian, kedudukan danfungsi UUD
1945;
b. Pembukaan
UUD 1945 ;
c. Batang
Tubuh UUD 1945
d. Gerak
Pelaksanaan UUD 1945
|
Mahasiswa dapat
menje- laskan pengertian kedudukan dan fungsi UUD 1945, Pem-bukaan UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945 dan Gerak
Pelaksanaan UUD 1945
|
|
XIV
22-6-2012
|
Mahasiswa memahami Hak asasi
manusia dlmPancasila
|
Hak-Hak
Asasi Manusia dalam Pancasila
|
a. Pengertian HAM
b. Macam macam
HAM
c. Penegakkan
HAM di Indo-nesia
|
Mahasiswa dapat menjelas
kan pengertian HAM, macam-macam HAM dan penegakkan-
nya di Indonesia
|
|
XV
29-6-2012
|
Mahasiswa memahami Pancasila
dalam pem bangunan nasional
|
Pancasila dalam Pemba-ngunan nasional
|
a. Pendahuluan (pengantar,pengertian , maksud
dantujuan serta landasan)
b. Kondisi umum (Kondisi saat
ini, tantangan dan modaldasar) ;
c. Visi dan Misi ;
d. Arah, Tahapan dan Prioritas Pembangunan
Jangka Panjang 2005- 2025
|
Mahasiswa
dapat menjelas -kanpendahuluan (pengantar,pengertian , maksud
dan tuju-an serta landasan) ; kondisi umum
(kondisi saat ini, tantangan danmodal dasar) ; Visi dan
Misi;arah, tahapan dan prioritas pembangunan jangka panjang
Th. 2005-2025
|
|
XVI
13-12-2015
|
UAS
|
UAS
|
UAS
|
UAS
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar