Minggu, 07 Februari 2016

SAP PANCASILA & PKN FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY SITUBONDO

SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH PANCASILA

IAI IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO


Semester              : 1 (satu)
Pengajar               : Muhamad Abdul Manan, M.Pd.I
Fakultas                : Tarbiyah
Program Studi      : Pendidikan Bahasa Arab(PBA) dan PGRA
Tahun Akademi    : 2015/2016



IAI IBRAHIMY SUKOREJO
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FT

Tgl. Terbit
:
01 September 2015
Fakultas Tarbiyah
No. Revisi:
:
00
Jl. KHR. Syamsul Arifin PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo
Hal
:

SILABUS
Mata Kuliah : Pancasila & PKN
Kode :
Bobot:  2 SKS
Semester : 1








Standar Kompetensi
:
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta menghayati secara  medalam  tentang ajaran Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 serta dapat  mengamalkan ajaran  tersebut .dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan juga para penyelenggara Negara dalam menjalankan pemerintahan
Kompetensi Dasar
:
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami materi kuliah Pancasila yang dapat menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat dan bernegara menuju masyarakat adil dan makmur
Indikator
:
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan :
1.  Mengetahui   tentang    fungsi   dan   peranan  pancasila yang sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia, karenanya diharapkan dapat diterapkan dijadikan  pedoman hidup sehari-hari dan pedoman bagi penyelenggaraan negara ;
2. Dapat menerangkan kepada orang lain manfaat materi Pendidikan Pancasila
Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tujuan, fungsi, peranan, pancasila dalam pembukaan UUD 1945, pengamalan dan pengaman pancasila, hak asasi manusia sampai dengan pancasila dalam pembangunan nasional 
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.        Pengertian, Fungsi dan Peranan Pancasila ;
2.        Sejarah Perumusan pancasila dalam hubungannya dengan sejarah perjuangan bangsa;
3.        Analisis dan kesimpulan tongggak-tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia;
4.        Hakekat Pengertian Pancasila ;
5.        Nilai-nilai yang terkandung dari masing-masing sila ;
6.        Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia
7.        Pancasila sebagai Ideologi Nasional;
8.        Pancasila ditinjau dari sudut Hukum Tata Negara;
9.        Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
10.     Demokrasi Pancasila;
11.     Paham Integralistik/ Kekeluargaan dalam Pancasila;
12.     Undang Undang Dasar 1945 dan Amandemen UUD 1945;
13.     Hak-Hak Asasi Manusia dalam Pancasila;
14.     Pancasila dalam Pembangunan Nasional;
Pendekatan Pembelajaran
:
Ceramah, diskusi/ Tanya jawab, penugasan makalah kelompok/ individu .
Media pembelajaran pakai; laptop, LCD,

Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.     Formatif terdiri dari absensi, etika, makalah
      kelompok/ mandiri dan diskusi ......................................................................................... :   30  %
2.     UTS .................................................................................................................................... :   30  %
3.     UAS .................................................................................................................................... :   40 %
 Jumlah  .................................................................. ............................................................:  100 %
Buku Sumber
:
1.    H. Subandi Al Marsudi, S.H. MH - Pancasila dan UUD 1945 dalam Paradigma Reformasi : Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta cetakan pertama Th. 2001 ;
2.    UU No. 39 Th. 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Penerbit Citra Umbara, Bandung Th. 2001;
3.    Putusan Sidang Istimewa MPR RI Tahun 2001, Penerbit CV Mini Jaya Abadi, Jakarta, Cetakan Pertama 2001;
4.    UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945, Penerbit Sinar Grafika, cetakan pertama Th. 2002 ;
5.    UU No. 17 th. 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Jangka Panjang dan UU No. 25 th. 2004 tentang Sistem Perencaaan Pembangunan Nasional , penerbit Sinar Grafika cetakan pertama Th. 2007 ;
6.    Dr. H. Kabul Budiyono, M.Si., Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit Alfabeta, Bandung, Cetakan Kedua 2010;
7.    Prof. Mr. Soediman Kartohadiprodjo, Pancasila Sebagai Pendangan Hidup Bangsa Indonesia, Editor Achmad Suhardi Kartohadiprodjo, dkk., Penerbit Gatra Pustaka, Cetakan Pertama 2010;
8.    Media cetak/elektronik/situs-situs internet.



                                                                                                                               
                                                                                Situbondo, 01 September 2015

Mata Kuliah                            : Pancasila
Kode                                      : 
Bobot SKS                             2 sks
Jurusan                                  Tarbiyah
Program Studi                        PBA & PGRA
Semester                                I (Satu)
Mata Kuliah Prasyarat       : Pendidikan Kewarganegaraan

Standar Kompetensi          : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta menghayati secara medalam  tentang 
  
ajaran Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 serta dapat  mengamalkan ajaran  
  
tersebut .dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan juga para 
  
penyelenggara Negara dalam menjalankan pemerintahan
Deskripsi Mata Kuliah       Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tujuan, fungsi, peranan, pancasila dalam
   pembukaan UUD 1945, pengamalan dan pengaman pancasila, hak asasi manusia sampai
  dengan pancasila dalam pembangunan nasional. 
Perte-muan
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Buku/
Sumber
I
20-09-2015
Mahasiswa memahami tujuan mempelajari Pan-casila, pengertian,  fung-si  dan peranan Panca-sila
Tujuan mempelajari Panca sila, Pengertian, Fungsi dan Peranan  Pancasila
a.Tujuan mempelajari Panca-sila ;
b.Pengertian Pancasila
c.Asal mula dikenal Istilah Pancasila ;
d.Fungsi dan Peran Pancasila
Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan mempelajari pancasila, pengertian pancasila, asal mula dikenal istilah pancasila , serta fungsi dan peranan pancasila

II
27-09-2015
Mahasiswa memahami sejarah perumusan Pan-casila dlm  hubungan-nya dg perjuangan bangsa Indonesia
Sejarah perumusan pancasila dalam hubu-ngannya dg sejarah perjuangan bangsa Indonesia
1.Sejarah perjuangan bangsa
2. Perumusan Silasila Pancasila
3. Piagam Jakarta
4. Proklamasi
4.Pengesahan Pancasila dan UUD 1945
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan bangsa, perumusan pancasila, piagam Jakarta, Proklamasi Kemer-dekaan RI  dan pengesahan Pancasila dan UUD 1945

III
04-10-2015
Mahasiswa memahami analisis dan kesimpulan tonggak perjuangan bangsa Indonesia
Analisis dan kesimpulan tonggak2 sejarah perju-angan bangsa Indonesia
a.Analisis tonggak-tonggak se-jarah perjuangan 
b. Kesimpulan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indo-nesia
Mahasiswa dapat menjelaskan analisis tonggak-tonggak  sejarah dan kesimpulan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia 

IV
11-10-2015
Mahasiswa memahami hakekat pengertian Pancasila
Hakekat Pengertian Pancasila
a. Hakekat pengertian Pancasila ;
b.Penghayatan Pancasila ;
Mahasiswa dapat menje- laskanhakekat pengertian dan penghayatan Pancasila

V
18-10-2015
Mahasiswa memahaminilai-nilai yang terkan-dung dalam Pancasila
Nilai-nilai yang terkan- dung dalam Pancasila
a.Nilai-nilai yang terkandung dlm sila-sila dari Pancasila ;
b.Hubungan nilai, norma dansanksi
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan hubungan antara nilai, norma dan sanksi

VI
25-10-2015
Mahassiswa memahami Pancasila sbg falsafah hidup bangsa  Indonesia
Pancasila sbg falsafah
hidup Bangsa  Indonesia
a. Pengertian Filsafat ;
b.Obyek Filsafat  ;
c.Tujuan Filsafat  ;
d.Kegunaan Filsafat
e.Falsafah hidup Bangsa
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian filsafat, obyek filsafat,   kegunaan filsafat dan falsafah hidup bangsa Indonesia


VII
01-11-2015
Mahasiswa memahami Pancasila sbg ideologi Nasional
Pancasila sbg ideologinasional
a.Pengertian dan beberapa;pendapat mengenai Ideologi
b.Ideologi dalam arti praktis;
c.Penerapan dan kekuatan  Ideologi;
d.Pancasila sebagai ideologiterbuka
e.Mekanisme   Pengembanganideologi  Pancasila
Mahasiswa dapat menje- laskan pengertian ideologi dan beberapa pendapat mengenai Ideologi ideologi dalam arti praktis, penerapan ideologi, kekuatan ideologi, Pancasila sebagai ideologi terbuka dan mekanisme pengembanganideologi  Pancasila

VIII
08-11-2015
UTS
UTS
UTS
UTS

IX
15-11-2015
Mahasiswa memahami Pancasila ditinjau dari sudut hukum tatanegara.
Pancasila ditijau dari sudut hukum tatanegara.
a.Pengertian negara dan dasar-dasar negara ;
b.Negara dengan warganegara
c.Pancasila sebagai dasar negara RI.
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan syarat-syarat terjadinya negara, negara dgwarganegara, dan Pancasila sebagai dasar negara.

X
22-11-2015
Mahasiswa memahami pengamalan dan penga-manan Pancasila
Pengamalan  pancasila (termasuk menurut ajaran Islam) dan Penga-manan Pancasila
a. Pengamalan Pancasila sbgpandangan hidup bangsa;
b.Pengamalan Pancasila sbgdasar Negara;
c.Pengamalan Pancasila me-nurut Islam;
d.Pengamanan Pancasila  se-cara prefentif  dan represif
Mahasiswa dapat menjelaskan pengamalan Pancasila (terma-suk menurut ajaran Islam)  dan pengamanan pancasila

XI
29-11-2015
Mahasiswa memahami tentang demokrasi pancasila
Demokrasi Pancasila
a. Pengertian Demokrasi ;
b.  Perkembangan di Indonesia 
c.  Unsur-unsur Demokrasi Pancasila;
d.  Tata urutan Per-UU-an;
e. Mekanisme demokrasi Pancasila
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian demokrasi,  per-kembangannya di Indonesia, unsur-unsur demokrasi Pancasila

XII
06-12-2015
Mahasiwa memahami hubungan antarta Prok-lamasi 17 Agustus 1945 dengan Pembukaan danbatang tubuh UUD 1945

Hubungan antara Proklamasi 17 Agustus 1945 dg Pembukaan danbatang tubuh UUD 1945
a.  Hubungan antara Pembu-kaan dan Proklamasi 17 Agustus 1945;
b. Hubungan antara Pembu-kaan dan batang tubuh UUD 1945
Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara pembukaan dengan proklamasi 17 agustus 1945 dan hubungan antara pembukaan dan batang tubuh UUD 1945


XIII
15-6-2012
Mahasiswa memahami UUD 1945 dan peru-bahannya
Undang Undang Dasar 1945 dan perubahannya
a.   Pengertian, kedudukan danfungsi UUD 1945;
b.   Pembukaan  UUD 1945 ;
c.   Batang Tubuh UUD 1945
d.   Gerak Pelaksanaan UUD 1945

Mahasiswa dapat menje- laskan pengertian kedudukan dan fungsi UUD 1945, Pem-bukaan UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945 dan Gerak Pelaksanaan UUD 1945

XIV
22-6-2012
Mahasiswa memahami Hak asasi manusia dlmPancasila
Hak-Hak Asasi Manusia dalam Pancasila
a.   Pengertian HAM
b.   Macam macam HAM
c.   Penegakkan HAM di Indo-nesia

Mahasiswa dapat menjelas kan  pengertian HAM, macam-macam HAM dan penegakkan- nya di Indonesia

XV
29-6-2012
Mahasiswa memahami Pancasila dalam pem bangunan nasional
Pancasila dalam Pemba-ngunan nasional
a.  Pendahuluan (pengantar,pengertian , maksud dantujuan serta landasan)
b.  Kondisi umum  (Kondisi saat ini, tantangan dan modaldasar) ;
c.   Visi dan Misi  ;
d.  Arah,  Tahapan dan Prioritas  Pembangunan Jangka Panjang  2005- 2025



Mahasiswa dapat menjelas -kanpendahuluan (pengantar,pengertian ,  maksud dan tuju-an serta landasan) ;  kondisi umum  (kondisi saat ini, tantangan danmodal dasar) ; Visi dan Misi;arah,  tahapan dan prioritas pembangunan jangka panjang  Th. 2005-2025 

XVI
13-12-2015
UAS
UAS
UAS
UAS







IAI IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO
FORM (FR)
No. Dokumen
:


Tgl. Terbit
:
01 September  2015
Fakultas Tarbiyah Prodi PBA & PGRA
No. Revisi:
:

Jl. KH. Ahmad Dahlan Ciputat Jakarta Selatan
Hal
:


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar