Sabtu, 20 Februari 2016

JANGAN TAKUT KEHILANGAN



Jangan takut kehilangan , apa sih sebenarnya kehilangan itu.
Kehilangan itu, apa yang kita miliki atau apa yang kita dapat sudah tidak ada pada kita.
Pertanyaannya ada di manakah apa itu yang kita miliki.
Bukankan segala sesuatu ada akhirnya….. kenapa kita takut.
Sebenarnya apa yang kita takutkan. Tentu kita akan bingung kalau membahas tentang takut  dengan fikiran yang sadar.
Ketakutan inilah yang akan membuat manusia tidak pernah maju selangkah pun, perasaan inilah yang selalu menghantui orang yang tidak mau maju kedepan. Karena dengan rasa ini orang akan merasa bahwa maju kedepan itu akan membuat diri terancam atau membuat anda gagal.
Coba jika kita mampu membayangkan bahwa di depan itu ada makanan yang sangat enak atau ada barang yang kita senangi , mungkn kita akan berani maju kedepan walau berapa langkahpun.
Berarti rasa takut itu muncul karena kita tak punya keinginan atau kemauan yang mampu membuat kita berani. Kata berani disini akan mampu mengantarkan kita pada sesuatu yang baru. Berani maju berarti kita berani menanggung resiko. Apa sebenarnya modal untuk berani. Sepertinya berani ini butuh modal yang tidak murah, oleh karena itu berani itu harus dilatih dari hal kecil.
Dalam islam keyakinan sangatlah penting
Salah satu kaidah fiqh yang dibangun dari dalil-dalil al-Quran dan hadits adalah : al-yaqiinu laa yuzaalu bisy-syak (keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan keraguan). Hadits ini adalah salah satu dari sekian banyak dalil yang mendasari kaidah tersebut, untuk meninggalkan keraguan menuju hal yang meyakinkan.       
قال رسول الله صلی الله علیه و آله : خیر ما القی فی القلب الیقین. (امالي صدوق : ص ۵۷۶ ح ۷۸۸ )
Sebaik-baiknya sesuatu yang diletakkan oleh Allah Swt di dalam hati adalah keyakinan. Jika keyakinan tidak ada maka keraguan pastilah akan menguasai manusia. Imbasnya tujuan hidup akan terasa tidak jelas dan ngambang. Ketika tujuan sudah kabur maka pergerakan tidak akan lurus dan langgeng. Oleh karena itu Allah Swt menyebut Rasulullah Saw dengan sosok yang sudah final dan tidak bermasalah dalam sisi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar