Senin, 22 Januari 2018

RPS ILMU PENDIDIKAN ISLAM IAI IBRAHIMY SUKOREJO 2018

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM 2017/2018
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO

A. Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah  
: Ilmu Pendidikan Islam  
Semester
: II
Program Studi
: Pendidikan Agama Islam
Dosen
: Muhamad Abdul Manan, M.Pd.I

B. Deskripsi Isi
Ilmu Pendidikan Islam menjelaskan tentang: definisi, ruang lingkup, dan metode, wawasan kepribadian muslim, komponen, pelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatannya, problematika dan segi-segi, serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan pendidikan nasional.
C. Standar Kompetensi dan Indikator Pembelajaran
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
1
Memahami konsep, ruang lingkup, dan sistem Pendidikan Islam.
Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam.
1.    Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam.
2.    Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam.
3.    Sistem Pendidikan Islam.

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
2
Memiliki pemahaman tentang komponen Pendidikan Islam.
Menjelaskan komponen (unsure) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam.
4.    Komponen-komponen Pendidikan Islam.
5.    Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.
3
Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya
Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya.
6.    Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.
7.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.
8.    Evaluasi dalam Pendidikan Islam.
4
Memahami tentang kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.
Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.
9.    Eksistensi dan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia.
10.  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

D. Indikator Pencapaian
Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam. Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya. Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.

E. Learning Outcome
Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah ilmu pendidikan islam.  

F. Timeline Kegiatan
Pertemuan Ke
Tanggal Pertemuan
Topik Bahasan
1.
Minggu, 28 Januari 2018
Kontrak Perkuliahan
Pengertian Pendidikan Islam
ü  Konsep Dasar 
ü  Ruang Lingkup Pendidikan Islam.
ü  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.
2.
Minggu, 4 Februari 2018
Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam
Tarbiyah, Taklim, Ta’dib
3.
Minggu, 11 Februari 2018
Komponen dan sumber Pendidikan Islam.
ü Pendidik dalam Pendidikan Islam
ü Peserta didik dalam Pendidikan Islam
ü Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam
ü Alat/ Sarana Pendidikan Islam
ü Lingkungan Pendidikan Islam
4.
Minggu, 18 Februari 2018
Personal Pendidikan Islam
Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Proses Belajar Mengajar
Evaluasi dalam Pendidikan Islam.
5.
Minggu, 25 Februari 2018
Peserta Didik dalam Pendidikan Islam
Etika Peserta Didik dalam Pendidikan Islam  
Karakteristuk Peserta Didik
Urgensi Pengenalan Peserta Didik
6.
Minggu, 4 Maret 2018
Sistem Pendidikan Islam
Kurikulum Pendidikan Islam
Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.
7.
Minggu, 11 Maret 2018
Lembaga Pendidikan Islam  
Macam Macam Lembaga Pendidikan Islam  
Pengelolaan Administrasi Pendidikan Islam  
8.
Ujian Tengah Semester (UTS)
9.
Minggu, 18 Maret 2018
Pembahasan Soal UTS
10.
Minggu, 25 Maret 2018
Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.
Pendekatan dalam pendidikan islam
Metode pembelajaan pendidikan islam
11.
Minggu, 1 April 2018
Evaluasi dan Pengembangan Dalam Pendidikan Islam
12.
Minggu, 8 April 2018
Lingkungan  Pendidikan Islam
Pengertian Lingkungan Pendidikan Islam
Macam-Macam Lingkungan dan atmosfir Akademik
Pandangan Islam tentang lingkungan
13.
Minggu, 15 April 2018
Relevansi Pendidikan Islam Terhadap Kemajuan Bangsa
Eksistensi Pendidikan Islam di Indonesia.
Moralitas di Indonesia
14.
Minggu, 22 April 2018
Tokoh Islam dalam Pendidikan islam
15.
Minggu, 29 April 2018
Overall Discussion
16.
Ujian Akhir Semester (UAS)

G. Tugas
     DOUBLE POCKET DISCUSSION
Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.
Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:
   FIRST POCKET 
1. Mahasiswa akan dibagi dalam 5-7  kelompok sesuai dengan tema bahasan.
2. Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal perrtemuan pertama.
3. Setiap kelompok wajib mengisi membuat catatan dari hasil diskusi.  
4. Bahan yang akan didiskusikan dapat setidaknya mencakup:
ü Materi, teori inti yang berkaitan dengan tema.
ü Urgensi materi, manfaat materi.
ü Dalil, Nas Pendukung.
ü Materi pendukung yang lain.
ü Integrasi dengan keilmuan yang lain
ü Interkoneksi dengan isu-isu aktual.
5. Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB  DIKUMPULKAN kepada Dosen MAKSIMAL PADA PERTEMUAN KELIMA. Berupa soft file pada mananmanis@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).    
6. KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN PADA PERTEMUAN KELIMA TIDAK AKAN MENDAPAT NILAI TUGAS (21%) 
7. Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.

H. Referensi

1. Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup
2. Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
3. Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
4. M. Roqib, 2009 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis
5. Hasan, 2006, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press
6. Azyumardi Azra, 2012, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.
7. Mohammad Daud Ali, 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
8. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
9. Abuddin Nata, 2012, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
10. Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
11. Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
12. Abudin Nata, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
13. Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
14. Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
15. Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
16. Basnang Said, Pendidikan Plural (Upaya Mewujudkan Nehgeri Damai, Makassar: Yatma, 2011.
17. Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982
18. Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
19. Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.


I. Sistem Penilaian
No
Komponen Penilaian
Bobot
1
Tugas
21%
2
Partisipasi dalam kelas
15%
3
Presensi Kehadiran
14%
4
UTS
20%
5
UAS
30%
Total
100%

J. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online mapun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi  yang relevan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar